7 Taktik Sepak Bola Paling Ikonik Di Dunia, Lupakan Parkir Bus

Pada futsal ketika salah satu tim melakukan permainan menyerang tentu akan memaksa tim lawan untuk bermain bertahan. Tidaklah mudah untuk bisa membobol gawang lawan, terlebih jika mereka memiliki pertahanan yang baik. Salah satunya yaitu dengan melakukan pressing-pressing yang ketat seakan tidak memberikan kesempatan sedikitpun kepada kita untuk membangun pola serangan dan menembus pertahanannya. Formasi ini paling sering dipakai di sepakbola dengan 7 orang.

adalah formasi yang luar biasa bagus untuk menyerang tetapi lemah di lini tengah, karena hanya menyisakan 1 MC dan 1 DMC. Berhadapan dengan lawan yang menggunakan formasi (flat) atau (diamond), dan akan kesulitan dalam kondisi netral ataupun bertahan. Kelebihan (flat atau diamond) adalah penguasaan lini tengah berkat kehadiran 2 pemain sayap (MR dan MC).

Terbukti, 2 gol tim saya berasal dari serangan sayap kanan (MR). Ketika lawan saya menyadari kelemahannya, dia segera mengganti DL tetapi tidak membawa banyak arti karena tim saya sudah unggul 3 gol.

Itulah contoh menganalisis tim lawan sebelum pertandingan untuk memenangkan pertandingan di Top 11. Saat ini, formasi paling populer di Top Eleven adalah,, atau. Formasi ini populer karena banyak dipakai oleh tim-tim sepakbola di liga-liga besar dunia (liga nyata).

Permasalahnnya, formasi yang populer di liga nyata belum tentu efektif di liga maya (Top Eleven). Dari tiga varian di atas, yang paling baik adalah karena ini formasi ini tidak melupakan kekuatan lini tengah dalam bertahan, netral, ataupun menyerang. Keberadaan 1 DMC dan 2 MC membantu menjaga keseimbangan lini tengah dalam menghadapi tim lawan dalam formasi apapun.

Hal tersebut berlaku baik pada saat melakukan penyerangan maupun pada waktu melaksanakan pertahanan. Dengan sistem ini, setiap pemain telah mengetahui tugas utamanya, daerah atau ruang gerak masing-masing, memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang atau bertahan dan kemana harus bergerak.

Pemain sayap ini bisa mengimbangi serangan dari gelandang serang (AMR dan AML). 1 DMC bisa memperkuat lini belakang untuk menghadapi 2 ST dan 1 AMC.

Formasi ini memberatkan pada gelandang yang bekerja keras dalam pertahanan dan penyerangan. Kombinasi menyerang dan bertahan yang seimbang menjadikan formasi ini paling umum digunakan di sepakbola 7 orang. Formasi (sistem) dalam permainan sepakbola yang ditetapkan pada peratuaran sepakbola adalah cara penempatan, ruang gerak serta pembagian tugas dari setiap pemain dengan posisi yang di tempatinya.

Setelah memilih pertandingan yang dinginkan, kamu harus menentukan tim andalan kamu yang terdiri 1 Penjaga Gawang, 3-5 Pemain Bertahan, 3-5 Gelandang, dan 1-3 Penyerang. Manajer Sepak Bola akan diberikan 100 Kredit untuk membeli para pemain. Rata-rata pemain memiliki kredit yang berkisar dari 7. 5 – 12. Jadi, Sang Manajer harus jeli dalam menyusun komposisi tim utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *